Kirim Artikel Dakwah Bareng Yuk

Sebenarnya Siapakah Muslim Itu?

Siapa Muslim – Muslim ialah orang-orang yang mengaku keyakinannya terhadap islam. Sebagai seorang hamba yang percaya mereka menyembah Allah SWT dan memujiĀ  Nabi terakhir Muhammad, alaihissalam (SAW) yang diutus oleh Allah. Selain itu mereka juga percaya, bahwa terdapat Nabi dan Rasul yang mendahului Nabi Muhammad dengan kitab-kitab mereka seperti Zabur, Taurat dan Injil. Arti dasar imam didalam islam adalah kepercayaan pada hari kimata, ketika seluruh ummat akan menerima ganjaran atas perbuatan mereka di dunia. Seorang Muslim juga percaya terhadap malaikat dan penentuan terhadap takdirnya.

Perkembangan Muslim di seluruh Dunia

Setelah kedatangan Nabi Muhammad SAW, Muslim pertama adalah orang-orang dari lingkaran keluarga sendiri dan sahabatnya serta orang orang miskin yang membutuhkan telah mendiami Makkah lebih dari 1400 tahun yang lalu. Selama kehidupan Nabi Muhammad, Sekelompok kecil pengikut telah tumbuh menjadi puluhan ribu. Seiring abad-abad berlalu, umat islam terus bertambah populasinya dan dominasinya mencapai seperempat dari seluruh populasi dunia.

Diperkirakan ada 1.2 sampai 1.6 miliar muslim di seluruh dunia. Sebagian besar muslim berkonsentrasi dinegara-negara islam seperti Azerbaijan dan Albania Eropa, Mali dan Tunisia di Afrika, Arab Saudi dan Yordania di Timur Tengah, Pakistan dan Bangladesh di Asia Tenggara, Kirgiztan dan Uzbekistan di Asia Tengah, dan Indonesia dan Malaysia di Asia Pasifik. Pada saat yang sama, diaspora Muslim yang berkembang dan telah mengakar di banyak negara, seperti Cina, Australia, Eropa, Amerika dan Kanada, Amerika Latin, dan beberapa bagian Afrika barat, tengah, dan selatan. Diperkirakan ada sekitar 7 juta Muslim di Amerika Serikat.

Keyakinan umum bahwa kebanyakan Muslim adalah orang Arab adalah kesalahpahaman. Faktanya, mayoritas Muslim di dunia adalah non-Arab. (Baca Juga: Perkembangan Muslim di Seluruh Dunia)

Hubungan Antara Islam dan Muslim

Islam tidak bisa dinilai berdasarkan tindakan umat. Islam adalah agama Allah yang sempurna, sepenuhnya terpisah dari manusia yang tidak sempurna yang menyebut diri mereka Muslim.
Seperti di lembaga agama lain, ada Muslim yang taat dan tidak taat, Muslim liberal dan konservatif, Muslim yang toleran dan ekstremis. Namun, tindakan individu mereka tidak boleh digunakan untuk meneliti atau memberi label Islam.

Bahkan, harus disebutkan di sini bahwa stereotip media tentang Muslim jauh dari kenyataan. Sebagian besar Muslim di dunia memang manusia yang cinta damai dengan banyak dari mereka berjuang keras untuk hidup sesuai dengan cita-cita besar Islam.

Leave a Reply