Sahabat Dunia dan Akhirat

Posted on

Dalam agama islam  hubungan persahabatan memiliki kedudukan yang tinggi dan mulia. Seorang muslim dianjurkan saling membina hubungan persahabatan antara muslim yang satu dengan muslim yang lainnya dan selalu mencari sahabat yang sholeh yang mengingatkan sahabtnya apabila sahabatnya terlena dengan kehidupan duniawinya saja. Definisi sahabat dunia dan akhirat yaitu sahabat yang selalu mengingatkan jika sahabatnya berbuat suatu kesalahan dan sahabat yang selalu menuntun, mengajarkan, mengajak serta belajar bersama untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt.

Definisi  Sahabat Dunia dan Akhirat

Manusia terlahir memang fitrahnya adalah mahluk sosial, yang berarti manusia tersebut tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, maka dari itu manusia memiliki hubungan dengan manusia yang lainnya. maksud hubungan di sini adalah persahabatan, ya persahabatan antara manusia dengan manusia yang lain. Hendaknya manusia tersebut menjalin persahabatan yang bisa membawanya keselamatan di dunia maupun diakhirat, maka sangat penting bagi seorang muslim utuk mencari sahabat yang sholeh yang bisa membawanya pada ketaqwaan terhadap Allah swt.

Allah juga menerangkan dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat: 13

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al-Hujurat : 13)

Maksud ayat di atas yaitu Allah swt menciptakan manusia kebumi untuk saling membina persahabatan dengan manusia yang lainnya sehinnga mereka saling mengenal antara yang satu dengan yang lainnya,  dan sesungguhnya kedudukan membina persahabatan didalam islam itu mulia, maka dari itu kita sebagai manusia dianjurkan mencari sahabat yang sholeh yang membawa kita pada ketaqwaan dan menjauhi dari perbuatan dosa.

Sahabat Dunia dan Akhirat

Sahabat Dunia dan Akhirat
Sahabat Dunia dan Akhirat

Kita sebagai muslim memang dianjurkan mencari sosok seorang sahabat yang selalu mengingatkan apabila kita berbuat kesalahan, namun Kita juga harus berusaha menjadi seorang sahabat yang seperti itu, agar diantara sahabat tersebut dapat saling mengingatkan. Ada sebuah kisah ketika seorang muslim di akhirat tidak menemukan sahabatnya di surga, yang dahulu sahabat tersebut ketika di dunia selalu beribadah, sholat, dan saling mengingatkan terhadapnya. Kemudian Dia bertanya kepda Allah “wahai Allah dimanakah sahabat Saya yang dahulu sholat bersama Saya, yang dahulu mengingatkan Saya kepadamu”?, “Jika engkau tidak menemukan sahabatmu disurga maka dia ada di neraka”, wahai Allah masukanlah sahabatku bersamaku ke dalam surga , sesungguhnya Kami dahulu di dunia selalu sholat dan saling mengingatkan antara yang satu dengan yang lain, Allah berkata:”tariklah sahabatmu yang dahulu selalu beribadah bersamu di dunia”.

Dan akhirnya sahabat yang berada di neraka iku masuk kedalam surga karena pertolongan sahabat yang sholeh atas izin Allah swt. Inilah bukti bahwa sahabat yang sholeh selalu mengingat sahabatnya yang sedang mengalami kesulitan.

Teruntuk sahabat dunia dan Akhirat, ingatlah bagaimana Kita saling mengingatkan di dunia, ingatlah bagaimana kita saling berhijrah menjadi lebih baik lagi, ingatlah bagaimana Kita dahulu mencari ilmu di dunia dan ingatlah bagaimana proses kita menjadi lebih baik lagi. Semoga persahabatan kita tidak hanya di dunia melainkan sampai di akhirat, dan jika salah satu dari kita tidak bertemu di surga, maka carilah di neraka dan minta kepada Allah swt bagaimana kita dahulu menjalin persahabatan dalam ketaqwaan insaallah Allah sudah mengetahuinya dan menolong kita amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *