Kirim Artikel Dakwah Bareng Yuk

Mengapa Wanita Muslim Harus Memakai Hijab?

Hadis Riwayat – Beberapa tahun terakhir ini, selembar kain kecil yang sering kita sebut dengan hijab menimbulkan kegemparan yang berujung dengan konflik. Hijab yang digunakan untuk menutup aurat dibagian kepala wanita muslim ini menjadi berita utama di berbagai belahan dunia.

Sebagi seorang muslim sejati, ketika muncul persoalan konflik yang seperti ini Kita harus menanggapi dengan pikiran yang jernih. Kita harus tahu dimana letak kebenaran dan kesalahan yang timbul akibat perbedaaan pendapat dari berbabagi individu maupun kelompok. Sebab itu, Hadisriwayat membuat tulisan dengan tema hubungan antara hijab dan wanita dala islam.

Baca: Sosok 4 Wanita Terbaik Sepanjang Masa Dalam Islam

Mengapa Wanita Muslim Harus Memakai Hijab di Dalam Al-Quran

Mengapa Wanita Muslim Harus Memakai Hijab

Definisi Hijab Dalam Islam

Hijab adalah pakaian yang menutupi perhiasan (aurat) seorang wanita muslim. Islam juga mendefinisikan hijab sebagai pakaian yang menutupi apapun yang mungkin akan membangkitkan syahwat atau naluri negatif. Inilah yang akan membuat wanita muslimah akan merasa aman didalam lingkungan masyarat dan bahkan dimanapun dia sedang berada.

Islam juga sangat memeperhatikan dalam pemakaian hijab yaitu tidak membangkitkan naluri syahwat secara seksual bagi pria dan wanita. Sebagai wanita muslim sebaiknya sangat berhati-hati karena hijab selalu di arahkan kepada sikap baik dan buruk. Allah juga sangat jelas memerintahkan setiap muslim untuk menjaga dirinya sesuai dengan firman-Nya:

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (Q.S An-Nur 24:31)

وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

“Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung (hijab) ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.” (Q.S An-Nur 24:31)

Ayat diatas jelas memiliki gagasan yang jelas dan gamblang bahwa bahwa seorang muslimah harus memakai hijabnya sesuai dengan perintah Allah Subhanahuwata’ala. Allah mengatakan pada ayat ini, bahwa bentuk memakai hijab merupakan bentuk perlindungan diri atau benteng keimanan seorang wanita muslim agar terjaga dari berbagai fitnah dunia yang marak terjadi di era modern ini.

Baca: Amalan Ringan yang Dicintai Allah SWT

Hijab di Era Modern dan Milenial

Majunya teknologi dan informasi maka seorang muslim harus dipaksa mengikuti perkembangan zaman yang ada pada saat ini. Hijab pada saat ini ternyata bukan sekedar sepotong kain saja, melainkan juga sebagai gaya berpakain (fashion) yang perkembangannya terus meningkat diseluruh negara islam seperti Indonesia.

Islam sangat peduli dengan nilai kohesi yang bersifat kemoralan, kode etik, kesopanan dan penghormatan. Nilai ini yang menjadikan hijab sebagai bentuk batasan moral antara laki-laki dan perempuan.

Era modern ini menjadikan hijab sangatlah mudah didapatkan dengan berbagai teknologi yang sudah berkembang pesat, salah satunya dengan cara membelinya melalui toko online hijab.id yang menyediakan banyak sekali model hijab seperti model Casual Scarf dan Syar’i Scarf . Bahkan tidak hanya hijab saja, disini juga menyediakan produk pakaian seperti atasan, bawahan dan dress yang sangat bagus tentunya. Hijab.id juga menerima dropship hijab buat kalian yang ingin menjadi partner bisnis penjualan mereka, tentu saja banyak keuntungan jika kalian menjadi partner bisnis mereka. Jika Kalian ingin tahu lebih banyak lagi mengenai Hijab.id Kami sudah membahasnya secara terpisah Disini.

Leave a Reply