Alasan Mengapa Islam Melarang Mengkomsumsi Alkohol

Posted on

Islam Melarang Mengkonsumsi Alkohol – Alkohol sudah menjadi momok yang menakutkan di di kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Harga yang cukup menguras menjadikan uang yang berputar di dalam nya tak terhitung lagi jumlahnya. Bahkan dari segi kehidupan jasmani alkohol dapat menyebabkan penyakit yang mengerikan bagi jutaan manusia di seluruh dunia.

Baca: Bedah Tuntas Fikih Islam Kenapa Babi Haram Menurut Al Quran

Fakta di dalam kehiupan menyebutkan bahwa alkohol adalah akar penyebab dari beberapa masalah yang dihadapi masyarakat. Naiknya statistik tingkat kejahatan meningkat karena gangguan penyakit mental. Akibatnya seluruh dunia menjadi kesaksian atas dampak kerusakan dari alkohol. Bahkan masih banyak lagi kerusakan (dampak negatif) yang bisa ditimbulkan oleh alkohol, sehingga Allah mengharamkan manusia untuk meminum khamr (alkohol).

Mengapa Islam melarang Minum alkohol
Alasan Mengapa Islam melarang Minum alkohol

Alasan Mengapa Islam Melarang Minum Alkohol

Larangan Alkohol Dalam Al-Qur’an

Larangan alkohol dalam Islam berasal dari ayat Al-Quran yang berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْاَنْصَابُ وَالْاَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِ فَاجْتَنِبُوْهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung. ” [Al-Qur’an 5: 90]

Larangan Alkohol Dalam Kitab Bible

Bible juga melarang konsumsi alkohol, beberapa ayat ditemukan dengan bunyi:

  1. “anggur adalah mocker, minuman keras yang berkobar-kobar. dan barangsiapa tertipu sangatlah tidak bijaksana.” [Amsal 20:1]
  2. “Dan janganlah kalian mabuk dengan anggur.” [Efesus 5:18]

Apakah Alkohol Mempunyai Manfaat?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi terbatas dapat memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi dalam sudut pandang yang lebih luas banyak menimbulkan keburukan. Hal ini sesuai dengan ayat Al-Quran:

۞ يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِۗ قُلْ فِيْهِمَآ اِثْمٌ كَبِيْرٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِۖ وَاِثْمُهُمَآ اَكْبَرُ مِنْ نَّفْعِهِمَاۗ وَيَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَا يُنْفِقُوْنَ ەۗ قُلِ الْعَفْوَۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَۙ

Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah, “Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya.” Dan mereka menanyakan kepadamu (tentang) apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, “Kelebihan (dari apa yang diperlukan).” Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkannya. [Al-Qur’an 2:219]

Alkohol Menggangu Pusat Kesadaran Manusia

Manusia memiliki pusat kesadaran di otak mereka. Pusat kesadaran ini berfungsi untuk mencegah manusia dari hal-hal yang dia menganggapnya salah. Misalnya seseorang tidak biasanya menggunakan bahasa kasar ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. dengan demikian otak akan merespon dengan cepat ketika sedang berbicara karena pusat kesadaran otak masih bisa terkontrol.

Ketika orang mengkonsumsi alkohol, Pusat kesadaran sendiri dihambat. Itulah alasan mengapa orang mabuk sering ditemukan terlibat dalam perilaku yang tidak baik. Misalnya seseorang yang sedang mabuk dapat menggunakan bahasa kasar dengan orang yang dia hormati atau dapat melakukan rayuan seksual terhadap lawan jenis mereka. Setelah mereka sadar baru bisa untuk menyesali atas perbuatan sebelumnya.

Apakah Benar Alkohol dapat Menghilangkan Stres Berat?

Beberapa berpendapat bahwa meminum alkohol dapat melatih pengendalian-diri. Namun, investigasi mengungkapkan bahwa sebagian pecandu alkohol justru malah kehilangan kendali atas dirinya sendiri. Dalam keadaan mabul pecandu mungkin dapat melakukan kejahatan yang mengerikan, dengan konsekuensi yang mengubah hidup. Angka dari kematian dan cedera akibat kecelakaan yang melibatkan pengemudi mabuk membawa kesedihan yang tak terhitung untuk ribuan keluarga setiap tahun.

Menurut US Department of Justice pada tahun 1996 sendiri dalam sehari angka pemerkosaan mencapai 2,713. Statistik mengatakan bahwa sebagian besar para pemerkosa melakukan kejahatannya pada keadaan mabuk.

Banyak Penyakit yang Ditimbulkan oleh Alkohol

Ada beberapa alasan mengapa allah mengharamkan manusia untuk mengkonsumsi khamr. Jumlah kematian yang terlampau banyak selama ini penyebabnya adalah karena konsumsi alkohol. Jutaan orang mati setiap tahun hanya karena mengkonsumsi alkohol. Dibawah ini adalah beberapa penyakit yang dapat diakibatkan oleh konsumsi alkohol:

  1. sirosis hati (dikenal sebagai kanker hati karena menyerang bagian hati).
  2. kanker Oesophagus, kepala dan leher, liveri (Hepatoma) dan usus.
  3. koroner Artherosclerosis, Angina dan serangan jantung yang berhubungan dengan asupan alkohol yang terlalu banyak. Begitu juga dengan stroke dan kelumpuhan sejenis yang berhubungan dengan konsumsi alkohol.
  4. Beri-beri dan kekurangan vitamin yang berhubungan dengan pecandu alkohol.
  5. Delerium Tremens adalah komplikasi serius yang mungkin terjadi selama infeksi bagi para pecandu alkohol. Infeksi ini cukup serius dan dapat menyebabkan kematian.
  6. Infeksi yang terjadi secara berulang sangatlah umum di kalangan pecandu alkohol kronis. Perlawanan terhadap penyakit dan sistem pertahanan imunologis terganggu oleh asupan alkohol.
  7. Infeksi dada atau radang paru-paru, Abcess paru-paru, emfisema dan TBC paru-paru yang semua umum di pecandu alkohol.
  8. Radang paru-paru abses yang dapat menyebabkan rasa lemas bahkan kematian.
  9. Perempuan juga lebih rentan terhadap alkohol. Selama kehamilan mengkonsumsi alkohol dapat menimbulkan efek yang merugikan pada janin.
  10. Penyakit kulit yang berkaitan dengan alkohol indulgensi.
  11. Eksim, Alopecia, distrofi kuku, paronisia (infeksi di sekitar kuku) dan Stomatitis (peradangan sudut mulut) adalah penyakit umum bagi pecandu alkohol.

Apakah Alkoholisme Itu Penyakit?

Simpang siur tentang alkohol menimbulkan perdebatan antar umat manusia. Namun di dalam islam jelas disebutkan bahwa hukum meminum minuman keras Haram. Lalu Jika alkohol menimbulkan banyak penyakit, mengapa alkohol:

– Diijual dalam botol
– Diiklankan di Surat Kabar, majalah, radio dan televisi
– Memiliki lisensi outlet untuk menyebarkan
– Menghasilkan pendapatan
– Membawa kekerasan kematian di jalan Raya
– Menghancurkan kehidupan keluarga dan meningkatkan kejahatan
– Tidak memiliki kuman atau virus.

Alkohol Bukanlah Penyakit, Itu adalah Minuman Iblis (Syetan)

Islam disebut “Dien-al-Fitrah” atau agama yang fitrah untuk manusia. Semua perintah yang bertujuan untuk melestarikan keadaan fitrah manusia. Alkohol adalah sebuah penyimpangan dari keadaan fitrah ini, untuk individu serta untuk masyarakat. Oleh karena itu konsumsi alkohol dilarang dalam Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *