Travel umroh joja amanah

BAB Umroh, Keistimewaan Ibadah Umroh

Hadis Riwayat – Umroh kadang-kadang dikenal sebagai haji kecil (ziarah kecil) apabila dibandingkan dengan ziarah tahunan islam yaitu ibadah Haji. Dalam bahasa arab ‘umroh’ berasal dari kata ‘i’timar’ yang berarti kunjungan. Namun, secara terminologi islam, umroh merupakan kunjungan yang dilakukan umat islam ke Masjidil haram di Mekah diluar tanggal pelaksanaan ibadah haji. Selama umoh, beberapa rukun umroh di syariatkan sebagaimana mestinya, seperti:

  1. Mengenakan pakaian ihram
  2. Tawaf: Berjalan tujuh kali mengelelingi kabah
  3. Sa’i: Berlari diantara bukit safa dan marwah
  4. Mencukur atau memotong rambut

Baca: 5 Rukun Islam dan Penjelasannya

Alasan Kenapa Umat Muslim Harus Menunaikan Ibadah Umroh

Umroh Jogja
Ilustrasi Ketika Sedang Melaksanakan Ibadah Umroh dan Haji

Dalam sebuah hadits yang ditemukan dalam kitab Ibnu Maajah, Nabi Muhammad SAW mengatakan: “Para pelaku haji dan umrah adalah utusan Allah SWT. Jika mereka memanggil-Nya, Dia menjawab mereka dan jika mereka mencari pengampunan-Nya, Dia mengampuni mereka. ”Hadits ini jelas menunjukkan pentingnya Umrah dan betapa Allah (SWT) mencintai mereka yang mengorbankan waktu dan kekayaan mereka untuk tujuan-Nya.

Dalam hadits lain, Nabi Muhammad SAW juga mengatakan bahwa: Satu umrah adalah penebusan dosa yang dilakukan antara umroh itu dan umrah lainnya. (Bukhari, Muslim)

Hadits di atas menyiratkan bahwa Umrah bukanlah sesuatu yang kita lakukan sekali saja, tetapi seseorang harus berusaha untuk melakukan umrah berkali-kali dalam hidup mereka.

Mari kita mulai dengan kebajikan Umroh untuk benar-benar memahami besarnya dampak yang ditimbulkan kehidupan beragama seorang Muslim. Nabi Muhammad SAW telah mengaitkan berbagai hadits tentang berkah luar biasa dan penghargaan melakukan umrah sepanjang hidup seseorang.

  1. Menunaikan umroh dapat membersihkan jiwa seseorang dari dosa masa lalunya. Umrah lebih dari sekali dalam hidup seorang muslim lebih baik karena dapat bertindak sebagai penyucian dosa sejak terakhir kali seorang muslim menunaikan umroh. Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berkata, “Umroh ke umroh lainnya akan menjadi penebusan dosa kecil ataupun besar yang terjadi diatara waktu umroh itu.” (Bukhari Muslim)
  2. Melakukan Umrah juga dapat melindungi seseorang dari kemiskinan karena mereka ada di sana semata-mata demi Allah (SWT) menyisihkan kekayaan dan waktu mereka dalam menyelesaikan ibadah mereka. Ibnu Mas’ud r.a mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, “Dianjurkan kalian untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, karena mereka jelas menghilangkan kemiskinan dan dosa karena api memisahkan kotoran dari besi, emas dan perak.’ (Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban)
  3. Di bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan, pahala melaksanakan umroh sama dengan melakukan haji dengan Nabi Muhammad SAW. Pada banyak kesempatan yang berbeda, Nabi Muhammad SAW telah memberi tahu para sahabatnya bahwa melaksanakan umrah di bulan Ramadhan yang diberkati memiliki imbalan yang setara dengan melaksanakan haji dengan Nabi Muahammad SAW sendiri.
  4. Keutamaan Umrah yang benar-benar menakjubkan adalah bahwa jika seseorang meninggal dalam perjalanan Umrah mereka, imbalan bagi mereka adalah Jannah. ‘Aisyah r.a mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, “Siapa pun yang meninggalkan rumahnya hanya untuk tujuan haji atau umroh dan dia mati (meninggal dalam menunaikannya), tidak ada yang akan diberikan kepadanya dan dia tidak akan memiliki pertanggungjawaban pada hari berhisab dan hal itu akan dikatakan kepadanya, masuklah ke Jannah. (Tabraani Baihaqi)

Baca: 6 Gambaran Surga Menurut Al Quran

Tata Cara Umroh Sesuai dengan Sunnah

Ketika seorang muslim hendak melakukan ibadah umroh sebaiknya untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang menjadi rangkain rukun penunaiannya. Diantara rukun-rukun menunaikan ibadah umroh sebagai berikut:

Ihram

Ini dianggap sebagai langkah pertama bagi setiap jamaah yang ingin melakukan umrah. Untuk memasuki keadaan Ihram, seorang jamaah diharuskan melafalkan niat untuk melakukan haji yang disebut Talabiya. Ini adalah saat seorang peziarah mempersiapkan jiwa, pikiran, dan tubuhnya untuk perjalanan menuju hapan sang Khalik yang Mahakuasa. Umrah sendiri dimulai dari Miqat, atau tempat yang berada di luar area ziarah.

Travel umroh jogja
Jamaah Mengenakan Pakaian Ihram

Pria dan wanita yang pergi haji mematuhi aturan berpakaian khusus yang bertujuan menunjukkan kerendahan hati dan menumpahkan semua tanda kekayaan. Pria tidak mengenakan pakaian putih tanpa jahitan, sementara wanita mengenakan pakaian yang dijahit normal dan jilbab. Namun wanita dilarang mengenakan burqa atau niqab.

Aturan atau rukun ini bertujuan untuk mengingatkan umat Islam bahwa tidak adanya perbedaan di hadapan-Nya, terlepas dari latar belakang sosial dan ekonomi mereka, dan bahwa Allah menghakimi manusia hanya berdasarkan pada iman dan amalan mereka.

Tawaf

Setibanya di Mekah, Para jamaah umroh diwajibkan untuk mengelilingi Kabah sebanyak 7 kali putaran. Ini dianggap sebagai bagian integral dari ziarah (umroh), dan mengacu pada lingkaran tujuh kali memutari kabah diawali yang diawali dari hajar aswad dan berakhir di hajar aswad pula.

وَاِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَاَمْنًاۗ وَاتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرٰهٖمَ مُصَلًّىۗ وَعَهِدْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ اَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّاۤىِٕفِيْنَ وَالْعٰكِفِيْنَ وَالرُّكَّعِ السُّجُوْدِ

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah (Ka’bah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah maqam Ibrahim itu tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang iktikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud!” (Q.S Al-Baqarah: 2:125)

Sa’i

Melintasi jarak antara bukit Safa dan Marwah selama tujuh kali, inilah yang disebut Sa’i. Istilah dalam bahasa Arab berarti berjalan atau bergerak dengan cepat.

Setelah Tawaf, peziarah melakukan Sa’i, dalam memperingati perjalanan istri Nabi Ibrahim untuk menemukan air untuk nabi bayinya Ismail, setelah mereka ditinggalkan di padang pasir Mekah atas perintah Allah SWT.

Taqsir dan Halq

Taqsir adalah pemendekan sebagian rambut yang biasanya diperuntukkan bagi wanita yang memotong minimal satu inci atau lebih dari rambut mereka. Halq adalah bentuk lengkap dari kepala (semua rambut), biasanya dilakukan pada pria. Kedua hal ini menandakan penyerahan kehendak kepada Allah atas kemuliaan penampilan fisik.

Tips Tips Mencari Biro Umroh yang Terpercaya

Sudah tidak susah lagi jika seseorang ingin melakukan ibadah umroh, karena banyak sekali biro umroh dan haji yang ada di Indonesia. Biro haji dan umroh sendiri adalah lembaga yang akan membantu seseorang untuk menunaikan ibadah yang meliputi segala hal yang diperlukan seperti pembutan visa, menyiapkan perlengkapan ibadah, transportasi, penginapan, akomodasi dan pelayanan bimbingan.

Memilih biro atau travel haji dan umroh memang bukan perkara yang mudah karena tidak cukup dengan surat perizinan saja. Biro travel Haji dan umroh harus memiliki pelayan yang didukung dengan fasilas yang memadai agar jamaah tidak merasa terganggu, sehingga jamaah dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman, tenang dan khusyuk.

Fakta-fakta lainnya juga ditemukan bahwa sekarang ini banyak sekali biro travel yang nakal. Biasanya biro ini akan memberikan janji-janji manis dan harga murah yang tidak masuk akal untuk menarik minat para jamaah yang ingin menunaikan ibadah umroh dan haji. Padahal, dalam kenyataannya mereka pergi dengan membawa uang jamaah tanpa bertanggung jawab.

Agar hal demikian tidak terjadi, maka Kami akan memberikan tips-tips bagaimana memilih travel haji dan umroh yang tepat untuk Anda.

1. Pilih Biro Travel Resmi yang terdaftar di Kementerian Agama (KEMENAG)

Langkah bijak paling dasar adalah memilih biro travel umroh dan haji yang sudah secara resmi terdaftar di KEMENAG, karena bila terjadi suatu masalah Kalian bisa melakukan komplain secara hukum.

2. Lihat Jam Terbang Biro Travel Selama di Dirikan

Jam terbang yang kami maksud adalah pelayanan dan fasilitas yang diberikan dari Biro tersebut. Semua ini bisa meliputi:

  1. Alamat kantor travel umroh yang jelas dan memiliki surat-surat resmi yang diakui oleh pemerintah ataupun Kementerian Agama.
  2. Rekam jejak yang bagus selama didirikan biro travel tersebut. Kalian bisa melihat bagaimana tanggapan dari para jamaah lain yang telah menggunakan biro travel tersebut.
  3. Fasilitas yang memadai dari segala hal yang dibutuhkan ketika menggunakan biro travel tersebut baik itu sebelum berangkat, ketika berangkat dan setelah pulang dari umroh.
  4. Sistem pembayaran yang jelas atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi. Jika biro travel menggunakan rekening bank atas nama pribadi besar kemungkinan adalah penipuan.
  5. Jangan tergiur dengan harga yang tidak masuk akal karena sudah dipastikan itu penipuan.

Jika Kalian ingin mengetahui lebih banyak lagi bisa klik tautan berikut ini: 14 Tips Memilih Travel Umroh yang Aman

Biro Travel Umroh Terpercaya di Jogja

Ketika kalian sudah mengerti apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih biro travel maka kami merekomendasikan Azkamuslim sebagai biro travel umroh Jogja yang Insya Allah amanah dalam pelayanannya.

Asamulia Tour dan Travel cabang jogja ini sudah memenuhi semua kriteria yang telah dipersyaratkan oleh Kementerian Agama. Demi menunjang niat beribadah umat muslim Azkamuslim juga menyediakan berbagai program travel umroh Jogja dengan program reguler, umroh VIP, Umroh Plus dan yang lainnya. Jadi jangan ragu lagi untuk berangkat umroh dan haji bersama Asamulia Tour Cabang Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *