Adab dan Hak Hewan di Dalam Islam

Jangan Membuatnya Mati Dua Kali! Adab dan Hak Hewan Dalam Islam

Hadis RiwayatAl-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW lebih dari 1400 tahun yang lalu. Sebelum islam masuk lebih jauh ternyata masih sedikit orang yang merawat hewan atau memahami gagasan modern tentang hak-hak hewan. Di dalam Al-Quran dan ajaran Nabi Muhammad SAW, umat Islam menemukan nilai-nilai terperinci dan aturan tentang perawatan hewan. Hak-hak hewan adalah topik diskusi yang Kami bahas di artikel ini.

Meskipun hak-hak hewan secara umum dibahas dalam Al-Quran dan ajaran Nabi, gagasan tentang hak-hak hewan adalah fenomena yang lebih masih hangat. Meskipun kitab suci Islam terungkap lebih dari 1400 tahun yang lalu, mereka sangat eksplisit tentang hak-hak hewan dan larangan pelecehan. Hal ini yang membuat Islam unik dari agama lain.

Al Qur’an adalah satu-satunya petunjuk yang memberikan instruksi yang sangat jelas dan eksplisit tentang perlindungan hewan dan tanggung jawab manusia untuk merawatnya. Artikel ini akan menyoroti beberapa kitab suci ini dan menyajikan pandangan Islam tentang hak-hak binatang kepada.

Baca: Diet yang Islami: (Makanan Halal dan Haram)

Hewan Terdiri dari Komunitas

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا طٰۤىِٕرٍ يَّطِيْرُ بِجَنَاحَيْهِ اِلَّآ اُمَمٌ اَمْثَالُكُمْ ۗمَا فَرَّطْنَا فِى الْكِتٰبِ مِنْ شَيْءٍ ثُمَّ اِلٰى رَبِّهِمْ يُحْشَرُوْنَ

Dan tidak ada seekor binatang pun yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan semuanya merupakan umat-umat (juga) seperti kamu. Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan di dalam Kitab, kemudian kepada Tuhan mereka dikumpulkan.

اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُسَبِّحُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَالطَّيْرُ صٰۤفّٰتٍۗ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهٗ وَتَسْبِيْحَهٗۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌۢ بِمَا يَفْعَلُوْنَ

Tidakkah engkau (Muhammad) tahu bahwa kepada Allah-lah bertasbih apa yang di langit dan di bumi, dan juga burung yang mengembangkan sayapnya. Masing-masing sungguh, telah mengetahui (cara) berdoa dan bertasbih. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

وَالْاَرْضَ وَضَعَهَا لِلْاَنَامِۙ

Dan bumi telah dibentangkan-Nya untuk makhluk(-Nya),

Larangan Penyalahgunaan Hewan

Nabi Muhammad pernah melewati seekor unta yang sangat kurus yang keadaan punggungnya hampir menyentuh perutnya. Lalu Beliau berkata, “Takut pada Allah pada binatang buas ini yang tidak bisa berbicara.” (Abu Dawud)

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap orang yang membunuh seekor burung pipit atau apa pun yang lebih kecil darinya tanpa alasan yang adil, Maka Allah akan bertanya kepada mereka tentang hal itu (pada Hari Pengadilan). Dia ditanya, “Wahai Rasulullah! Apa alasannya? “Dia menjawab,” Membantai untuk makan, dan tidak memenggal kepalanya lalu membuangnya.” (H.R An Nasai)

Rasulullah alaihissalam setelah melihat seorang pria yang meletakkan kakinya di leher seekor domba dan sedang mengasah pisau nya sementara domba itu sedang mengarah ke pisau itu. Jadi, Beliau berkata, “Mengapa engkau tidak melakukannya sebelum hendak menyembelihnya? Apakah Anda ingin membuatnya mati 2 kali?” (H.R Tabarani).

Hadiah bagi Orang yang Merawat Hewan

Nabi Muhammad alaihissalam berkata, “Seorang pria merasa sangat Haus ketika sedang melakukan perjalanan. Orang itu pergi ke sumur, untuk menghilangkan rasa haus itu. Sementara itu, ia melihat anjing terengah-engah dan menjilati Lumpur karena rasa haus yang berlebihan. Ia berkata kepada dirinya sendiri, “ini anjing menderita rasa haus seperti yang saya rasakan.” Jadi, dia pergi ke sumur lagi, menampung air dengan sepatunya dan memberikannya pada sang Anjing. Allah berterima kasih kepadanya karena perbuatan itu dan mengampuninya. Orang-orang berkata, “Ya Rasulullah, Apakah ada pahala bagi kita dalam memperlakukan hewan?” Dia menjawab: “Ya, ada hadiah untuk membantu apapun yang bernyawa” (H.R Bukhari).

Seorang wanita telah dihukum (di akhirat) karena Dia memenjarakan seekor kucing sampai mati. Dengan demikian, dia dimasukan kedalam api neraka karena perbuatannya.  (H.R Muslim)

Baca: Gambaran Yaumul Hisab Yang Sangat Mengerikan

Kesimpulan

Semua makhluk hidup pantas mendapatkan rasa hormat dan mendapatkan perawatan yang tepat. Nabi Muhammad SAW adalah seorang pelopor dalam memperlakukan hak-hak binatang. Meskipun hidup lebih dari 1400 tahun yang lalu, Beliau sangat peduli pada semua makhluk dan mendidik umat manusia dalam memberikan ilmu tentang hak-hak hewan dalam cara yang sangat jelas. Sayangnya, di banyak bagian dunia (termasuk dunia Muslim), ajaran ini tidak diikuti sepenuhnya . Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan bahwa, “Allah sangat peduli pada seorang muslim yang merawat hewan, perlakuan kepada hewan dapat mengantarkan dirimu ke surga dan penganiayaan dari mereka bisa berakhir di neraka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *