6 Gambaran Surga Menurut Islam (Tersebut dalam Al-Quran)

Posted on

Gambaran Surga Menurut Islam – Sepanjang yang bisa saya ingat, ada gambaran tertentu tentang Surga dan Neraka yang digambarkan dalam budaya populer saat ini. Surga selalu bercahaya, putih, dan di awan, sementara neraka gelap, merah, dan berapi-api di bawah tanah. Kami selalu ingat dan melihat adegan ini sebagai seorang anak, tetapi selalu ada suasana komedi di dalamnya. Dalam Islam, tidak ada yang lucu tentang topik Surga dan Neraka – mereka adalah kenyataan yang sangat serius.

Surga dan Neraka sering menjadi tema yang diulang dalam Al-Qur’an, karena itu berfungsi sebagai pengingat bagi umat manusia tentang sifat sementara dunia ini. Seseorang akan diwafatkan dan dimintai pertanggung jawaban atas tindakan mereka selama hidup di bumi ini, dan pada akhirnya, mereka akan berakhir di Surga atau Neraka. Tempat-tempat yang disebutkan dalam Al-Qur’an dapat berfungsi sebagai motivasi bagi orang untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan yang buruk. Di bawah ini hanya beberapa ayat tentang Surga. Mereka melukis gambar indah pemandangan yang menanti orang-orang yang menghabiskan hidup mereka demi melakukan amalan yang baik.

Gambaran Surga Menurut Islam
Gambaran Surga Menurut Islam

6 Gambaran Surga Menurut Islam Berdasarkan Al-Quran

Baca: 7 Orang Yang Diriwayatkan Tidak Bisa Mencium Bau Surga

وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ ۗ كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِّزْقًا ۙ قَالُوْا هٰذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَاُتُوْا بِهٖ مُتَشَابِهًا ۗوَلَهُمْ فِيْهَآ اَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَّهُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.” Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS Al-Baqarah [2]: 25)

Ungkapan “taman di bawah aliran sungai” adalah pemandangan yang sangat umum digambarkan tentang Surga yang kekal. Gambaran yang lain juga menyebutkan bahwa disana subur, hijau, dan kehidupan juga penuh dengan kesejukan.

يُبَشِّرُهُمْ رَبُّهُمْ بِرَحْمَةٍ مِّنْهُ وَرِضْوَانٍ وَّجَنّٰتٍ لَّهُمْ فِيْهَا نَعِيْمٌ مُّقِيْمٌۙ [21] خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗاِنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗٓ اَجْرٌ عَظِيْمٌ [22]

Tuhan menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat, keridaan dan surga, mereka memperoleh kesenangan yang kekal di dalamnya, [21] mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sungguh, di sisi Allah terdapat pahala yang besar.[22]” (QS At-Taubah [9]: 21-22)

Penghargaan yang terbesar adalah keridhoan Allah, karena keridhaan adalah sesuatu puncak yang paling dicari selama hidupnya. Surga adalah hasil dari kerja keras itu, tetapi pada akhirnya persetujuan, cinta, dan kabar-Nya adalah apa yang kita harapkan dapat dicapai.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ يَهْدِيْهِمْ رَبُّهُمْ بِاِيْمَانِهِمْۚ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمُ الْاَنْهٰرُ فِيْ جَنّٰتِ النَّعِيْمِ [9] دَعْوٰىهُمْ فِيْهَا سُبْحٰنَكَ اللهم وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلٰمٌۚ وَاٰخِرُ دَعْوٰىهُمْ اَنِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ [10]

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, niscaya diberi petunjuk oleh Tuhan karena keimanannya. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan, mengalir di bawahnya sungai-sungai.[9] Doa mereka di dalamnya ialah, “Subhanakallahumma” (Mahasuci Engkau, ya Tuhan kami), dan salam penghormatan mereka ialah, “Salam” (salam sejahtera). Dan penutup doa mereka ialah, “Al-hamdu lillahi Rabbil ‘alamin” (segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam).[10] (QS Yunus [10]: 9-10)

Dua ayat ini menggambarkan seperti apa keindahan dan kedamaian surga nantinya. Bagi seorang mukmin yang selama kehidupan ini hanya mencari keridhaan Allah, tidak ada kenyamanan dan kesenangan yang lebih besar daripada mendengar salam damai dari Penciptanya di tempat tertinggi Surga.

اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمُ الْاَنْهٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيْهَا مِنْ اَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَّيَلْبَسُوْنَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّنْ سُنْدُسٍ وَّاِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِىِٕيْنَ فِيْهَا عَلَى الْاَرَاۤىِٕكِۗ نِعْمَ الثَّوَابُۗ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا

“Mereka itulah yang memperoleh Surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; (dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah.” (QS Al-Kahfi [18]: 31)

Dalam ayat di atas, kita mendapatkan deskripsi yang nyata dan terperinci tentang apa yang akan menghiasi penghuni surga — emas dan sutra. Mereka akan berada di ruang yang paling nyaman dan mewah dengan keabadian.

فِيْ جَنّٰتِ النَّعِيْمِۙفِيْ جَنّٰتِ النَّعِيْمِۙ

“di dalam surga-surga yang penuh kenikmatan,” (QS As-Saffat [37]: 43)

Kesenangan lain dari Surga adalah buah dan minumannya. Setiap kali saya memotong berbagai jenis buah, saya selalu diingatkan akan Allah dan kebesaran-Nya – ada kerumitan dan keunikan di setiap buah. Pisang, jeruk, delima, kiwi, anggur … dan hanya itulah yang makan di Dunia! Kami bahkan belum pernah mendengar atau memimpikan apa yang tersedia di belahan dunia lain, apalagi Firdaus. Ayat ini juga menggambarkan minuman khusus Surga, yang tidak seperti minuman di dunia ini, tidak menyebabkan bahaya dan hanya menghasilkan sukacita dan kepuasan.

فِيْ جَنَّةٍ عَالِيَةٍۙ

(mereka) dalam surga yang tinggi, (QS Ghasiyah [88]: 10)

Baca: Calon Istri-Istri Penghuni Surga Allah SWT

Di sini juga, kita mendapatkan lebih banyak gamabaran kenyamanan di Firdaus. Sofa, bantal, karpet, dan lainnya (tidak ada ucapan yang buruk!) seperti Kencing hewan peliharaan. Kita selalu mendengar orang-orang melemparkan kata-kata kasar. Allah menjanjikan menghapus pembicaraan yang sia-sia atau vulgar di tempat seperti Surga, yang pastinya adalah sesuatu yang dinanti-nantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *