KIRIM ARTIKEL Dakwah Bersama Kami Melalui Tulisan. Ivestasi Akhirat

Doa Sebelum Belajar dan Setelah Belajar Lengkap Beserta Artinya

Sebelum Kami menyajikan doa sebelum belajar dan setelah belajar, terlebih dahulu kami ingin menyampaikan pengertian berdoa menurut islam. Menurut bahasa doa berarti meminta pertolongan, seruan, tuntutan. Sedangkan menurut istilah adalah permohonan dari yang bawah kepada Zat Yang diatas. Secara garis besar doa berarti suatu tindakan, ungkapan permohonan dari seorang hamba untuk suatu hal yang bersifat baik yang ditujukan kepada Allah SWT. Segala sesuatu yang bersifat baik bisa diantara adalah rizki yang baik, keselamatan hidup, kenikmatan imam dan lain sebagainya.

Doa sebelum belajar dan sesudah belajar

Doa sebelum belajar dan sesudah belajar

Pada tulisan ini sesuai dengan judul yang teman-teman baca, kami akan berbagi bacaan doa sebelum belajar dan setelah belajar. Dalam islam belajar sangat erat hubungannya dengan menuntut ilmu dimana hukumnya wajib untuk setiap muslimin dan muslimah, haditsnya pun jelas.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslimin dan muslimah. (HR. Al-Baihaqi)

Dari hadits diatas sudah dijelaskan dengan sangat jelas bahwa menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap ummat muslim dan muslimin. Namun, sebelum belajar atau mencari ilmu seorang hamba diajurkan untuk berdoa terlebih dahulu agar dimudahkan dalam urusannya dan agar ilmu yang diperoleh dari belajar bermanfaat bagi dirinya terlebih lagi bagi orang lain.

Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar

Berikut ini bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar lengkap beserta artinya.

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Radhiitu billaahi rabbaa, wabil-islami dinaa, wa bi Muhammadin-nabiyyaw wa rasuula, rabbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa.

Artinya: Saya ridha Allah sebagi Tuhan Saya, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul (utusan). Wahai Thanku, tambahkanlah ilmu bagiku, dan berilah saya kepahaman.

Doa Setelah selesai belajar

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allaahumma Arinal Haqqa-Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila-baathilan, Warzuqnaj tinaabahu.

Artinya: Ya Allah, Tunjukkanlah pada kami kebenaran, Sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kabi keburukan sehingga kami dapat meninggalkannya.

Doa sebelum belajar dan sesudah belajar alangkah baiknya di panjatkan di saat sebelum belajar dan selesai belajar agar ilmu yang didapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat untuk diri pribadi dan terhadap orang banyak. Setiap sesuatu yang diawali dengan doa akan dan di akhiri dengan doa maka Allah akan tinggikan derajatnya.

Leave a Reply