counter
Edukasi Islami

Agama Islam Merupakan Agama yang Diterima di Sisi Allah SWT

Ditulis oleh Uswanti Ruqoyah

Pernahkan Anda berfikir kenapa harus agama islam?, kenapa sih agama yang diridhoi Allah swt itu hanya islam, kenapa sih umat manusia harus masuk islam? dan kenapa sih kita terlahir sebagai sebagai umat muslim?, jika Anda pernah bertanya atau berfikir tentang hal itu maka beruntungnya Anda , karena dengan keingin tahuan Anda maka Anda akan secara tidak langsung mencari informasi tersebut baik melalui Al-quran, hadis, kajian-kajian dan ceramah para ulama bahkan melalui media sosial.

Sebuah pemikiran lagi pernahkan Anda berfikir bagaimana kalo “Saya dahulu terlahir dari keluarga yang latar belakangnya bukan islam, tentunya Saya akan mempercayai agama yang dianut oleh ke dua orang tua Saya”. Maka sangat beruntungnya Kita yang terlahir dari keluarga yang latar belakang penganut agama islam namun kita juga harus merenungkan diri apakah agama islam yang kita anut ini merupakan agama islam berdasarkan turun menurun ataukan agama islam yang memang kita temukan sendiri (mempercayai, yakin,dan tidak ada keraguan di dalamnya).

Agama Islam agama yang diridhai

Subhanallah untuk menemukannya sendiri tentunya kita harus belajar agama  islam itu sendiri dan memperbanyak membaca Al-quran dan artinya karena ketika Kita  memahaimi arti dari Al-quran maka kita akan memperoleh jawaban dari pertanyan-pertanyaan dari fikiran kita, dan tentunya tidak akan ada keraguan atau kebingungan terhadap hal-hal yang Kita pertanyakan bahkan akan menunjukan terhadap kebenaran.

Baca Juga: Esensi Taqwa akan Memudahkan dari Segala Persoalan Kehidupan

Allah Hanya Menerima agama Islam

Untuk menjelaskan kenapa harus islam agam yang di ridhoi oleh Alllah swt , Anda dapat membaca ayat Al-quran beserta artinya di bawah ini.

Sesungguhnya Allah telah berfirman dalam QS: Ali imran:19)

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

Maksud dari ayat di atas yaitu hanya agama islam lah yang diterima di sisi Allah swt, dan tidak ada perselisihan antara orang-orang  tetapi ketika ilmu pengetahua itu muncul mereka menganggap semua gama itu sama-sama diterima di sisi Allah bahkan mereka saling menyalahkan agama yang dianut seseorang padahal mereka sendiri pun dalam kesalahan, dan hanya agama islam lah yang diterima di sisi Allah swt.

Allah Azza wa Jalla juga berfirman:

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Dan barangsiapa mencari agama selain agama Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.” [Ali ‘Imran: 85]

Maksud dari ayat di atas yaitu apabila umat manusia memeluk agama selain islam tentunya agama mereka tidak akan di terima di sisi Allah, mereka termasuk orang-orang yang rugi meskipun ketika di dunia mereka adalah orang yang baik, dermawan, tolong menolong, dan sering membantu sesama, kebaikan amal mereka tidak di terima oleh Allah swt karena syarat ibadah adalah ketika sesorang menganut agama islam, ini berarti menunjukan mereka adalah orang-orang yang merugi.

Tentang Penulis

Uswanti Ruqoyah

Tinggalkan komentar