Kirim Artikel Dakwah Bareng Yuk

Adab Makan dan Minum Menurut Islam

Islam sangat lah peduli dalam segala aspek serta kebiasaan kehidupan manusia baik dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar. Islam mengatur adab makan dan minum yang baik dan benar. Karena tidak dipungkiri kebiasaan ini tergolong disepelekan oleh beberapa orang yang belum terlalu faham, mereka terkadang menyepelekan kebiasaan ini. Misalnya saja makan dan minum sambil berdiri, ataupun makan dan minum sambil tergesa-gesa, mereka terkadang juga tidak peduli makanan dan minuman yang masuk kedalam perut mereka itu adalah makanan dan minuman yang diperoleh dengan cara halal atupun halal.

Maka dari itu islam peduli terhadap adab makan dan minum yang benar, karena hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Didalam islam rasulluloh saw juga mengatur bagaimana adab makan dan minum secara benar. berikut caranya.

Baca Juga: /kumpulan-doa-doa-pendek

Adab Makan dan Minum

Adab Makan dan Minum

Diperoleh Dari Sumber yang Halal

Adab makan dan minum yang pertama yaitu Anda harus memastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi berasal dari mana? makanan dan minuman tersebut haruslah diperoleh dengan cara yang halal agar Anda mendapatkan rahmat dari Allah swt dan tentunya makanan tersebut berkah bagi diri Anda.
Allah berfirman:
Hai orang-orang yang beriman, makanlah dan minuman diantara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah: (QS. Al Baqarah: 172)

Makan dan Minum dalam Keadaan duduk

Hendaknya kita makan dan minum dengan keadaan duduk ini sesuai dengan yang diperintahkan rasulluloh saw dan perintah ini bukan hanya sekedar perintah, telah terbukti di dunia kesehatan makan dan minum dalam keadaan berdiri itu tidak sehat dan makan dan minum dalam keadaan duduk adalah cara yang benar, karena dapat memproses makanan dari mulut keperut secara perlahan

Berdoa Terlebih dahulu

Adab makan dan minum selanjutnya Anda harus memebaca doa terlebih dahulu, agar terhindar dari gangguan syetan dan mendapatkan berkah dari makanan yang Anda makan

Tidak Tergesa-gesa

Adab maan dan minum selanjutnya yaitu tidak tergesa-gesa, maksudnya makan dan minumlah dengan tenang nikmatilah makanan yang Anda santap, dan jangan tergesa-gesa

Makan dan Minum Secukupnya

Adab makan dan minum selanjutnya makan dan minum secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan, janganlah Anda makan dan minum secara berlebihan, hal ini tidak baik bagi kesehatan, karena makan dan minum terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Demikian pembahasan menegnai adab makan dan minum menurut islam, semoga artikel ini dapat menambah refrensi Anda.

Leave a Reply