6 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang menyimpan keistimewaan yang melimpah bagi umat islam. Bulan Ramadhan adalah bulan yang memiliki kesucian yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan yang lainnya. Diantara keistimewaan yang dapat disimpulkan antara lain :

  1. Pada Bulan Ramadhan diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan berisi keterangan-keterangan tentang petunjuk dan pembeda antara yang hak dan yang bathil.
  2. Pada bulan ini disunahkan shalat tarawih, yakini shalat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, para sahabat dan Khulafa Rasyidin. Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam :

  مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (متفق عليه )

  • Artinya : “Barangsiapa mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq  alaih).
  1. Pada bulan ini terdapat Lailatul Qadar (malam mulia), yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Malam dimana pintu-pintu langit dibukakan, doa dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan. Malam ini terdpat pada sepuluh malam terakhir, dan diharapkan pada malam-malam ganjil lebih kuat daripada dimalam-malam lainnya. Karena itu, seorang muslim yang senantiasa mengharap rahmat Allah dan takut dari siksa-Nya, memanfaatkan kesempatan pada malam-malam itu dengan bersungguh-sungguh pada setiap malam dari kesepuluh malam tersebut dengan shalat, membaca Al-Qur’an, dzikir, doa, istighfar dan taubat yang sebenar-benarnya. Semoga Allah menerima amal ibadah kita, mengampuni, merahmati, dan mengabulkan doa kita.
  2. Pada bulan ini terjadi peristiwa besar yaitu perang Badar, yang pada keesokan harinya Allah membedakan antara yang hak dan yang bathil, sehingga menanglah islam dan kaum muslimin serta hancurlah syirik dan kaum musyrikin.
  3. Pada bulan suci ini terjadi pembebasan kota Makkah Al-Mukarramah, dan Allah memenangkan Rasul-Nya, sehingga masuklah umat manusia kedalam agama Allah dengan berbondong-bondong dan Rasulullah menghancurkan syirik dan paganism (keberhalaan) yang terdapat dikota Makkah, dan Makkah pun menjadi negeri islam.
  4. Pada bulan ini pintu-pintu surge dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para syetan diikat.

Betapa banyak berkah dan kebaikan yang terdapat pada bulan Ramadhan. Maka kita wajib memanfaatkan kesempatan ini untuk bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benarnya dan beramal shalih, semoga kita termasuk orang-orang yang diterima amalnya dan beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *