Rukun islam dan penjelasannya

5 Rukun Islam dan Penjelasannya

5 Rukun Islam dan Penjelasannya – Apa yang membuat seseorang menjadi seorang Muslim adalah penerimaan keyakinan keislaman yang ditemukan di dalam hati. Artikel ini tidak akan fokus pada keyakinan utama keislaman, tetapi lebih pada praktik inti dari keimanan. Islam dibangun di atas 5 rukun islam. 5 rukun islam ini tidak membentuk keseluruhan agama (keyakinan), tetapi mereka adalah pilar yang menopang seluruh agama islam.

Rukun Islam adalah kerangka kehidupan Muslim. Rukun islam adalah kesaksian iman, doa, amal (yang mendukung orang membutuhkan), puasa selama bulan Ramadhan, dan ziarah ke Mekah bagi mereka yang mampu. Dibawah ini 5 rukun islam dan penjelasannya.

5 Rukun Islam dan Penjelasannya

Syahadad (Kesaksian Keimanan)

Kesaksian keimanan di dalam Islam adalah kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Kesaksiannya adalah apa yang dikatakan seseorang untuk menjadi Muslim Ash-hadu Ana Lā ilāha illā Allah wa ash-hadu Ana Muhammad Rasul Allah.

Sholat

Rukun islam menunaikan sholat 5 waktu
Rukun islam – Sholat

Umat islam diwajibkan untuk melakukan sholat 5 waktu dalam sehari. Sholat tidak bisa dimaksudkan dengan permohonan yang sifatnya dapat dilakukan kapan saja. Sholat terdiri dari berdiri, Membaca bacaan Qur’an, Membungkuk, Bersujud, Duduk dan Salam dengan tujuan Memuliakan Allah Ta’ala. 5 Waktu ini sering kita sebut dengan Waktu Shubuh, Dhuhur, Ashar, maghrib dan Isya. Sholat dimaksudkan untuk membuat seorang muslim tetap terhubung dengan Tuhannya. Sholat juga memberikan seorang muslim untuk meninggalkan aktivitas duniawi dan menghubungkan dirinya kepada Allah Ta’ala.

Baca: Dalil Perintah Sholat

Zakat

Zakat adalah amal wajib bagi Muslim yang berkecukupan (tidak miskin). Zakat ini harus samapi ke tangan orang miskin dan tidak diberikan kepada institusi, masjid, atau sekolah. Zakat mall adalah 2,5% dari uang yang didapatkan seseorang yang telah berlalu selama setahun. Sebagai contoh, jika seseorang memiliki Rp. 1.000.000 di rekening bank mereka pada 1 Januari, dan kemudian satu tahun berlalu dan mereka masih memiliki Rp. 1.000.000 di rekening bank mereka pada 1 Januari tahun berikutnya, mereka wajib memberikan 2,5% dari uang itu untuk amal langsung ke orang miskin dan membutuhkan.

Baca: Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan dan Amalan Ringan yang Dicintai Allah

Puasa

Ada satu bulan dalam kalender Islam yang disebut dengan bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Mereka menahan diri untuk tidak makan, minum, dan melakukan hubungan intim di siang hari. Puasa menanamkan rasa disiplin dan kontrol terhadap keinginan hawa nafsu dan kebutuhan paling dasar bagi seseorang. Puasa memiliki Keutamaan untuk mengajarkan kebahagiaan dapat ditemukan di luar makanan, minuman, dan memuaskan kebutuhan tubuh. Meskipun seorang Muslim mengalami kelelahan, kelaparan, dan kehausan, ada kebahagiaan spiritual yang hanya ditemukan ketika seseorang mengalami selama bulan Ramadhan. Selama malam Ramadhan, umat Muslim pergi ke masjid, berbuka bersama, dan menghabiskan banyak waktu dalam doa dan permohonannya. Ketika bulan Ramadhan berakhir, umat Islam merayakan dan memiliki hari libur yang disebut Hari Raya Perayaan (Idul Fitri).

Haji

Rukun Islam Ibadah Haji
Rukun Islam Ibadah Haji

Sekali seumur hidup mereka, setiap Muslim yang secara finansial dan fisik dapat melakukan perjalanan ke Mekah selama musim haji harus melakukannya. Selama ziarah, umat Islam mengenakan dua potong kain putih, mengganti semua pakaian mereka dengan dua potong kain ini, membawa individu tersebut ke dasar kemanusiaan mereka. Pada akhirnya, kita semua sama dan tidak peduli pakaian mewah apa pun yang kita hiasi, kita semua sama. Ini dimaksudkan untuk memungkinkan setiap ibadah Haji merasakan kesetaraan. Yang putih dan hitam, yang kaya dan yang miskin, raja dan pelayan semuanya sama di hadapan Allah. Ini memiliki dampak luar biasa pada kehidupan banyak orang.

Ibadah haji adalah pertemuan keagamaan tahunan terbesar di dunia, setiap tahun lebih dari dua juta orang melakukan ibadah haji. Lautan manusia juga mempunyai maksud sebagai pengingat akan hari penghakiman di mana Allah akan membangkitkan dan mengumpulkan seluruh umat manusia untuk pertanggungjawaban.

Inilah yang disebut 5 rukun Islam yang diperlukan untuk menopang keyakinan nilai keimanan seorang Muslim. Ketika seseorang Muslim melakukan ke 5 rukun islam ini, maka akan membantunya menahan diri dari kebiasaan buruk lainnya. Dalam hal ini, Islam adalah cara hidup yang sempurna di mana seseorang selalu terhubung dengan Penciptanya dalam bentuk atau cara apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *