5 Amalan Agar Terselamatkan Dari Siksa Kubur

Posted on

Tak ada manusia atau makhluk yang mampu bertahan dari azab kubur yang mengerikan. Bayangkan bagaimana azab tersebut terus menimpa seseorang sejak ia dikuburkan hingga hari kiamat kelak. Belum lagi, azab kubur hanyalah pendahuluan dari azab yang sebenarnya, neraka.

Tanah yang disempitkan hingga remuk tulang belulang, hawa panas neraka yang dibentangkan hingga barzah, ditemani seorang yang sangat berwajah gelap lagi mengerikan sebagai representasi dari amalan buruk, dihantam kepalanya dengan batu, dibelah tubuhnya menjadi dua, dan lain sebagainya. Itulah beberapa azab kubur bagi orang-orang yang berdosa.

Saking mengerikannya, Rasulullah bahkan mengajarkan umatnya untuk berlindung dari azab kubur acap kali salat. Doa memohon perlindungan dari azab ini bahkan sejajar dengan perkara mengerikan lain seperti azab neraka dan fitnah Dajjal.

Selain berdoa, ada amalan-amalan khusus yang mampu melindungi seorang dari azab kubur yang mengerikan. Sedikitnya ada lima amalan yang dapat dilakukan, di antaranya sebagai berikut.

1.Bertaubat

Melakukan taubat setiap hari merupakan amalan umum yang mampu melindungi kita dari azab kubur. Sesungguhnya Allah maha pengampun dan mengampuni segala dosa hamba-Nya kecuali syirik.

2.Berdoa

Sebagaimaa disebutkan sebelumnya, Rasulullah mengajarkan kita untuk berdoa setiap kali di akhir salat agar mendapat perlindungan dari azab kubur. Doa ini dilantunkan usai membaca tasyahud akhir, yakni:

Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qobri, wa ‘adzabin naar, wa fitnatil mahyaa wal mamaat, wa syarri fitnatil masihid dajjal (Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, penyimpangan ketika hidup dan mati, dan kejelekan Al Masih Ad Dajjal).

3.Membaca Surat Al Mulk

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda, “Dia (surat Al Mulk) adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang akan menyelamatkan pembacanya dari azab kubur.” (HR. At Tirmidzi).

4.Berjihad

Berjihad membela agama Allah merupakan salah satu amalan utama. Jika seseorang mati syahid di jalan Allah, maka ia dan selamat dari azab kubur. Dari Ubadah bin sah Shamit, Rasulullah bersabda,

“Orang yang mati syahid akan mendapatkan enam keutamaan di sisi Allah; diampuni dosa-dosanya dari awal tertumpah darahnya, akan melihat tempat tinggalnya kelak di surga, akan diselamatkan dari azab kubur, diberi keamanan dari ketakutan yang sangat besar, diberi hiasan dengan iman, dinikahkan dengan bidadari, dan akan diberi kemampuan untuk memberi syafaat kepada 70 orang kerabatnya.” (HR. Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Majah).

5.Menjaga Muslimin

Ribath, atau berjaga di pos perbatasan negeri muslim mampu membuat seseorang terlindung dari azab neraka. Sebagaimana hadits Rasulullah dari Fadhalah bin Ubaid, “Setiap orang yang mati akan diputus amalannya, kecuali orang yang mati dalam keadaan ribath di jalan Allah. Amalannya akan dikembangkan sampai datang hari kiamat dan akan diselamatkan dari fitnah kubur.” (HR. At Tirmidzi dan Abu Dawud).

Demikian lima amalan yang dapat melindungi kita dari derita alam barzah. Secara umum, segala amalan baik yang diperintahkan Allah dan meninggalkan perbuatan buruk yang dilarang Allah, merupakan perisai seorang muslim dari segala azab.

Selain itu, rahmat dan ampunan Allah adalah penyelamat utama agar selamat dari segala fitnah termasuk fitnah kubur. Semoga Allah menjauhkan kita dari azab kubur.

Please follow and like us: