Tata cara Berwudhu yang Benar

Wudhu merupakan cara bersuci ketika seorang muslim ingin melakukan ibadah sholat, seorang muslim harus tahu bagaimana cara wudhu yang benar agar sholatnya sah dan diterima Allah swt. Meskipun Allah swt tidak memaparkan secara rinci tentang wudhu tetapi umat muslim harus menegtahui tata cara wudhu yang benar.

Dalam surat Al-Maidah ayat 6 Allah swt berfirman

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh)kakimu sampai dengan kedua mata  kaki.”

Ayat diatas menjelaskan bahwah seorang muslim harus tahu tata cara wudhu yang benar, selain itu ketika seorang muslim hendak sholat maka ia harus berwudhu terlebih dahulu agar sholatnya diterima disisi Allah swt namun Sudahkan sempurna wudhu yang Anda lakukan? bagaimana kalau wudhu Anda kurang tepat, tentunya sholat Anda tidak diterima disisnya, berikut tentang tata cara wudhu yang benar.

tata cara Wudhu
Tata cara wudhu yang benar

Baca:Bagaimana Waktu Sholatmu?

Rukun Wudhu

Wudhu mempunyai 6 rukun wudhu yakni niat, membasuh muka, membasuh tangan, mengusap kepala, membasuh kaki. Jadi keenam rukun wudhu tersebut haruslah dilaksanakan agar sholat Anda sah dan apabila salah satunya tidak dilaksanakan maka sholat Anda tidakla sah

Rukun Wajib Wudu

  • Beragama islam
  • dapat membedakan yang batil dan yang benar
  • Bagi perempuan tidak sedang berada pada masa menstruasi
  • Air yang digunakan untuk berwudhu adalah air bersih maksudnya air tersebut tidak bau dan layk dipakai
  • Tidak menggunakan cat kuku karena dapat menghalangi masuknya air kedalam kulit
  • Sudah menegtahui mana yang sunnah dan mana yang wajib

Hal yang Membatalkan wudhu

  • Keluar air mani, maka harus melaksanakan mandi wajib
  • Keluarnya kotoran dari kemaluan baik itu air kencing ataupun bab
  • Tersentuhnya kulit antara laki-laki dan perempuan buan mahrom yang tidak memakai tutup
  • tersentuhnya kemaluan, bak itu oleh sendiri ataupun oran lain

Tata Cara Wudhu

Niat dalam Tata Cara Wudhu

Mulailah segala sesuatu dengan niat yang dikarenakan Allah swt, begitu juga dengan tata cara wudhu Anda harus berniat karena Allah swt. Nabi Muhammad juga menjelaskan niat seperti dibawah ini

menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya…” (HSR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48).

Membaca basmallah

Membaca basmallah sambil membersihkan telapak tangan, bismillahirohman nirohim

Berkumur

Anda dapat melakukan berkumur sampai tiga kali, pastikan mulut sudah bersih dari makanan.

 Membasuh Muka

Basuh muka Anda tiga kali menggunakan telapak tangan dan air bersih

Mencuci Kedua Tangan Sampai Siku

Cucilah kedua tangan sampai siku, ini sesuai hadis Rasulluloh saw yang berbunyi “cucuilah kedua tangan kalian sampai siku”

Mengusap Kepala

Usaplah kepala sebanyak 3 kali, disini Anda harus membedakan antara mengusap kepala dengan mengusap dahi. Yang dimaksudkan mengusap kepala disini yaitu mengusap kepala sampai belakang.

Rasulluloh saw mencontohkan ketika ia mengusap kepalanya sebanyak 3 kali menggunakan telapak tangannya, ia mengusap kepala sampai belakang tengkuknya

Membersihkan telinga

Rasulluloh saw mencontohkan, ketika ia membersihkan telinga dengan cara memasukkan teluncuknya ketelinga dan ibu jarinya berada di daun telingan dan membersihkannya, ini dikarenakan kedua telinga merupakan bagian kepala juga.

Membersihkan kedua kaki

Membersihkan kedua kaki yang benar yaitu sampai kemata kaki, dan cara membersihkan kaki yang benar sesuai dengan yang diakukan rasulluloh saw yaitu mendahulukan kaki kiri, basuh kaki kiri sampai tiga kali kemudian basuh kaki kanan sampai tiga kali. Gosoklah celah-celah jari dan tumit, pastikan anda membersihkan kaki dengan bersih dan benar, karena ancaman ketika seorang muslim tidak membersihkan kaki dengan benar adalah neraka, maka dari itu perhatikanlah wudhu Kita

Wudhu Secara Tertib

Lakukanlah tata cara wudhu  sesuai urutan-urutan yang benar agar wudhu yang dilakukan sah, janganlah melompati urutannya, janganlah menambah-nambahkan bahkan mengurangi urutannya, lakukanlah sesuia yang diajarkan oleh Rasulluloh saw.

Baca:mengenal-lebih-dekat-tentang-islam

Membaca Doa Habis Wudhu

Membaca doa sehabis wudhu memanglah sunnah, tetapi akan jauh lebih baik jika Anda membaca doa sehabis wudhu, agar Anda lebih mantap menghadap kepada Allah swt

Berikut Doa Sehabis wudhu:

Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin .

Artinya: Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.

Demikian tata Cara wudhu yang benar sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulluloh saw.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *