Agar Cepat Dapat Jodoh Menurut Islam

0 67

Jodoh merupakan salah satu rahasia Allah SWT. Tidak ada satu orang pun yang tahu akan jodoh dirinya sendiri ataupun jodoh orang lain. Maka, sebagai hamba-Nya, kita hanya bisa berusaha dan berdoa agar cepat mendapatkan jodoh sesuai yang di inginkan.

Tentang Jodoh Dalam Islam

Perlu kita ketahui bahwa jodoh merupakan takdir Allah Ta’ala yang mana untuk meraihnya diperlukan suatu ikhtiar atau usaha makhluknya. Berbeda dengan dengan qadar yang mana ketetapannya sudah Allah tetapkan dan sudah tidak bisa diubah bagaimanapun, seperti rezeki, lahir dan kematian. Pembahasan qada, qadar dan takdir akan kita bahas pada tulisan yang lainnya.

Nah, jika Kita adalah salah satu orang yang sedang mencari jodoh yang baik atau pasangan hidup yang tepat sesuai yang Kita inginkan, selain berusaha mencarinya Kita juga di anjurkan untuk berdoa memohon kepada Allah agar cepat mendapat jodoh dan menikah. Karena, berusaha tanpa doa belumlah cukup, begitu juga sebaliknya. Berikut ini adalah cara agar cepat mendapatkan jodoh menurut islam;

Berdoa Meminta pada Allah Swt

Cara Mendapatkan Jodoh pertama yg harus dilakukan oleh kita selaku orang muslim untuk mendapatkan suatu jodoh adalah dengan meminta kepada Allah swt karena hanya Allah lah yg dapat memberi suatu Rezeki baik itu harta, kekuasaan, kekayaan dan jodoh serta Allah swt yg telah mengatur semuanya terkait maut, jodoh dan rezeki sehingga kita sebagai seorang muslim dan hamba yg taat harus sering meminta atau berdoa supaya dimudahkan mendapat jodoh karena Allah lebih mencintai seorang hamba yg sering meminta kepadanya dan tidak sombong. Lantas apakah hanya berdoa saja itu cukup dan akan mendatangkan jodoh?, tentu tidak. Seorang hamba harus berusaha dengan ikhtiar untuk menjemput jodoh yang telah Allah takdirkan.

Mengerjakan Shalat Wajib dan Sunnah

Allah akan mengabulkan suatu doa atau permintaan kita jika kita sebagai seorang hamba selalu mengerjakan kewajiban sebagai seorang muslim seperti melakukan Shalat wajib dan mengerjakan Shalat Sunnah sebagai usaha-nya karena Allah lebih mencintai dan mendengarkan doa seorang hamba yg selalu mengerjakan kewajiban-kewajibannya tersebut. Adapun Shalat Sunnah yg dianjurkan untuk dikerjakan adalah seperti Shalat Sunnah Hajat, Shalat Sunnah Tahajjud dan Shalat Sunnah Dhuha.

Mengerjakan Amalan Kebaikan

Jika jodoh tidak kunjung datang secepat yang kita pikirkan, maka jangan larut dalam kesedihan, jangan malah dijadikan cambuk untuk menyalahkan bahwa Allah tidak sayang pada kita, apalagi sampai membuat kita meninggalkan segala amal kebaikan yang kita lakukakan setiap saat. Kita harus percaya dan yakin bahwa Allah mempunyai rencana yang lebih baik dari apa yang kita inginkan, dan Allah Ta’ala lah yang maha tahu segala urusan hambanya, sesuai dengan firman Allah pada QS. Al-Baqarah: 216:

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)

Memperbaiki Diri dan Mencarinya

Selain berdoa dan meminta kepada Allah swt, kita jg harus mencarinya sendiri jodoh yg akan kita jadikan sebagai pasangan hidup kita karena suatu rezeki maupun jodoh tidak turun sendiri dari langit. Kita harus mencari sendiri di dunia dan berikhtiar dengan benar sehingga kita bisa mendapatkan pasangan hidup yg terbaik dan membahagiakan kita kelak. Namun jika kita ingin mempunyai pasangan hidup atau jodoh yang baik dan beriman maka kita juga harus menjadi sosok pribadi yang baik dan beriman juga sehingga akan saling seimbang. Sesuai dengan firman Allah QS. An Nur: 26 bahwa:

اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ

 Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

Jangan Banyak Pilih-Pilih

Manusia itu diciptakan tidak sempurna, baik sosok pria dan wanita semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga jika kita sedang mencari suatu jodoh atau pasangan hidup, ada baiknya jika kita harus jangan banyak pilih-pilih dan mempunyai target tentang pribadi dan sifat pasangan hidup yang kita cari. Tetapi cara cari jodoh menurut islam yang baik adalah Pasangan hidup baik pria dan wanita yg memiliki iman dan amal ibadah yang baik bukan dilihat dari segi harta, tahta dan bentuk fisik semata sehingga bisa menjadi teman hidup di dunia maupun di akherat.

Itulah Beberapa cara yang bisa kami berikan dan terangkan kepada kita, semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat bagi kita sehingga bisa di amalkan oleh kita.

Category: Edukasi IslamiTags:
author
No Response

Leave a reply "Agar Cepat Dapat Jodoh Menurut Islam"