Sifat Mulia Empat Malaikat Allah SWT

Ketahuilah, sesungguhnya Allah telah menciptakan empat malakat yang mulia, keempat malaikat tersebut adalah : Israfil, Mikail, Jibril dan Izrail. Allah menyerahkan ditangan para malaikat itu untuk mengurus para makhluk di seluruh alam ini. Lalu Allah menjadikan malaikat Jibril sebagai malaikat yang bertugas menurunkan wahyu kepada para nabi. Allah menjadikan malaikat Mikail bertugas untuk menurunkan hujan dan rizqi. Allah menjadikan malaikat Izrail bertugas mecabut nyawa para makhluk Allah. Dan menjadikan malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala (yang bentuknya seperti tanduk) pada hari kiamat nanti.

Malaikat Israfil

Ibnu Abbas ra berkata : Malaikat Israfil memohon kepada Allah agar dirinya diberi kekuatan supaya bisa membawa langit ketujuh, maka Allah memberinya kekuatan hingga ia bisa membawa bumi dan langit ketujuh, ia juga diberi kekuatan sehingga bisa menguasai angin, mencabut gunung, membawa dua beban yang berat, memegang segala binatang buas. Allah memberi rambut malaikat Israfil mulai dari bawah ke dunia telapak kakinya sampai kepalanya, sedangkan beberapa mulut dan lisannya ditutup dengan beberapa hijab, lisannya selalu membaca tasbih. kepada Allah dengan seribu bahasa. Allah Ta’ala menjadikan dati diri malaikat Israfil 1000 malaikat Iagi yang sama membaca tasbih kepada ta’ala sampai hari kiamat nanti.

Bagi malaikat yang membawa Arasy dan malaikat Kiraman Katibin (malaikat yang menulisi amal perbuatan) mereka semua bentuknya seperti malaikat Israfil. Malaikat Israfil ini setiap sehari semalam tiga kali melihat ke neraka. la merendahkan diri dan menangis sampai lemas, karena lemasnya itu tubuhnya bagaikan tali tambur. Tangisan Israfil adalah tangisan yang sangat memilukan dan menyedihkan, jika Allah tidak mencegah linangan air matanya, maka bumi ini akan penuh dengan air mata Israfil yang banyaknya bagaikan banjir taufan nabi Nuh. Hal ini menunjukkan betapa besarnya bentuk malaikat Israfil. Seandainya seluruh air laut dan sungai itu ditumpahkan diatas kepalanya, maka air tersebut jatuh bagaikan setetes air dari bumi.

Malaikat Mikail

Adapun malaikat Mikail, Allah menjadikan dirinya setelah Allah menciptakan malaikat Israfil dalam jarak masa 500 tahun. Mulai dari kepalanya sampai kedua telapak kakinya ditumbuhi beberapa rambut dari za’faran sayapnya dari zabarjab hijau. Pada setiap rambutnya ada satu juta wajah, pada setiap wajah ada satu juta mata. Menangisnya setiap mata itu adalah rahmat bagi orang-orang yang berbuat dosa dari orang-orang mukmin. Dalam setiap wajah ada satu juta mulut, dalam mulut ada satu juta lidah (lisan), setiap lisan mengucapkan satu juta bahasa, setiap lisan itu juga memohonkan ampunan pada Allah untuk orang-orang mukmin yang berbuat dosa. Setiap matanya meneteskan 70.000 tetesan air mata. Maka Allah menjadikan pada setiap tetesan itu satu malaikat yang menyerupai Mikail yang selalu membaca tasbih kepada Allah sampai hari kiamat. Mereka ini disebut “Malaikat Karrubiyyun”, malaikat inilah yang membantu malaikat Mikail yang diserahi untuk mengatur turunnya hujan, tumbuh-tumbuhan dan rizqi, termasuk menumbuhkan buah-buahan.

Karena itu, tidak ada sesuatu yang ada di laut dan di darat, termasuk buah-buahan yang melekat di pohon dan segala tetumbuhan yang ada di permukaan bumi ini kecuali ada malaikat yang diserahi untuk mengurusnya.

Malaikat Jibril

Allah menciptakan malaikat Jibril setelah Allah menjadikan malaikat Mikail dengan selisih waktu 500 tahun. Malaikat Jibril ini mempunyai 600 sayap, mulai dari kepalanya sampai kedua telapak kakinya terdapat beberapa rambut dari za’faran, sedangkan matahari berada diantara dua matanya. Setiap rambutnya itu seperti bulan dan taburan bintang.

Setiap hari Jibril masuk kedalam lautan cahaya sebanyak 370 kali, ketika ia keluar dari lautan cahaya maka meneteslah pada setiap sayapnya satu juta tetesan. Lalu Allah menjadikan dari setiap tetesan satu malaikat yang serupa dengan malaikat Jibril yang selalu membaca tasbih pada Allah Ta’ala sampai hari kiamat. Mereka itu adalah malaikat “Ruhaniyyun”.

Malaikat Maut (Izrail)

Bentuk malaikat maut ini seperti malaikat Israfil dalam bentuk wajahnya, termasuk beberapa Iisannya, sayapnya, kebesarannya dan kekuatannya tanpa menambah dan mengurangi sedikit pun. Pembahasan mengenai sifat malaikat maut bisa dilihat disini dan bagaimana cara malaikat maut mencabut ruh (nyawa) bisa dilihat disini.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply