Kultum Tentang Berbakti Kepada Orang Tua

KULTUM TENTANG BERBAKTI KEPADA ORANG TUA

Kultum Tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Assalamu’alaikum wr.wb

Puji syukur atas nikmat karunia, hidayah kesehatan, hidayah iman dan taqwa yang Telah Allah berikan pada kita, untuk senantiasa berkumpul dalam hal kebaikan seperti saat ini. Mudah-mudahan setiap langkah kita untuk mencari segala urusan dunia ini didasarkan oleh akidah iman dan takwa yang akan mengantarkan kita pada derajat seorang hamba yang jika kita kembali dalam keadaan membawa amalan yang dirahmatinya.

Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan pada baginda Nabi kita Muhammad Saw., semoga shalawat ini bersambung kepada keluarga beliau, para sahabatnya, dan kepada seluruh umatnya sehingga akan mengantarkan suatu perubahan dari jaman kesengsaraan ke jaman yang penuh dengan pertolongan.

Tema kultum yang akan kita bahas pada tulisan ini adalah Kultum Tentang Berbakti Kepada Orang Tua,

Dalam keadaan apapun seorang anak harus tetap berbakti kepada orang tua, baik dalam keadaan wafatnya apalagi hidupnya, baik dalam muslim ataupun belum dalam keadaan islamnya. Namun kebanyakan bagi seorang anak ketika dewasa dia menganggap bahwa tanggung jawab dia terhadap orang tua sudah lepas begitu saja, apalagi bagi yang sudah berkeluarga mempunya istri dan anak. Maka hilangkanlah anggapan ini, karena pemikiran dan perbuatan seperti hanya akan membawa kalian ke pintu neraka dan membuat kalian melakukan dosa durhaka kepada orang tua.

Islam menjadikan perbuatan yang berbakti kepada orang tua sebagai kewajiban yang sangat besar dan mulia. Rasulullah pernah ditanya oleh sahabat mengenai apa saja amalan-amalan shaleh yang kedudukannya paling tinggi dan mulia. Maka beliau menjawab

“Shalat tepat pada waktunya … berbuat baik kepada kedua orang tua … jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis ini kita dapat menyimpulkan bahwa kedudukan orang tua dalam islam sangatlah agung, karena Rasulullah sampai menempatkannya dalam yang amalan yang paling mulia (Dalam afsir lain disebutkan bahwa amalan ini merupakan kunci pintu surga).

Dalam Hadis lain juga terdapat suatu keharusan kita agar berbakti kepda kedua orang kita yang di riwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim yang berbunyi,

“Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak mendapatkan perlakuan baik dariku?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ibumu.” Laki-laki itu bertanya kembali, “Kemudian siapa?” Beliau menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Lagi-lagi beliau menjawab, “Ibumu.” Orang itu pun bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Maka beliau menjawab, “Ayahmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lantas masihkah kalian ragu dan bimbang untuk berbakti kepada orang tua kalian?
Lantas masihkah kalian ingin menjadi anak yang durhaka kepada orang tua kalian?
Dan Lantas, apakah kalian sudah berbakti kepada kedua orang tua kalian?

Ingatlah saudaraku, hidup ini hanya sebentar. Kita harus mengetahui dan menyadari bahwa hidup yang abadi adalah diakhirat nanti, dan di akhirat hanya ada dua pilihan yaitu surge dan neraka. Apakah kita tidak pernah membayangkan betapa besar nikmat yang Allah Ta’ala berikan di suraga?, dan apakah kita tidak pernah membayangkan siksa neraka yang sangat mengerikan?, oleh sebab itu jemput surge kalian dengan berbakti kepada orang tua kalian.

Demikianlah kultum tentang berbakti kepada orang tua yang bisa saya bagikan kepada teman-teman sekalian. Semoga dengan kultum ini, kita bisa untuk mengejar pahala kebaikan kita agar kita senantiasa berbakti kepada kedua orang tua kita.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Incoming search terms:

  • kultum berbakti kepada orang tua
  • Kultum tentang berbakti kepada orang tua
  • kultum berbakti kepada kedua orang tua
  • kultum kepada orang tua
  • kultum tema berbakti kepad
  • kultum singkat tentang berbakti kepada orang tua
  • kultum singkat berbakti
  • kultum bertema berbakti kepada kedua orang tua
  • kultum berbakti pada orang tua
  • kultum tentang orang tua
Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply