Kultum Tentang Keutamaan Yang Terkandung Dalam Wudhu

Apakah kita sebagai umat islam mengetahui akan keistimewaan dari Wudhu. Kebanyakan dari kita hanya melaksanakan wudhu bahwa itu merupakan syarat atau syariat yang dianjurkan ketika kita akan melakukan ibadah saja, tentu tidak seperti itu. Perlu kita ketahui bahwa banyak sekali keistimewaan-keistimewaan yang terkandung dalam wudhu tersebut. Terdapat beberapa hadis yang menerangkan mengenai keutamaan berwudhu, yang diantaranya sebagai berikut:

Keutamaan pertama

Dikutip dari Hadis Riwayat yang disampaikan oleh Malik, Nasa’i, Ibnu Majah dari Hakim:

عَنْ عَبْدِ اللهِ الصُّنَابَجِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. قَالَ: اِذَا اسْتَنْثَرَ خَرَجَتِ الْخَطَايَا مِنْ اَنْفِهِ, فَاِذَا غَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَتِ الْخَطَايَا مِنْ وَجِهِهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ اَشْفَارِ عَيْنَيْهِ, فَاِذَا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَتِ الْخَطَايَا مِنْ يَدَيْهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ اَظَافِرِ يَدَيْهِ, فَاِذَا مَسَحَ بِرَأْسِهِ خَرَجَتِ الْخَطَايَا مِنْ رَأْسِهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ اُذُنَيْهِ, فَاِذَا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتِ الْخَطَايَا مِنْ رِجْلَيْهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ اَظَافِرِ رِجْلَيْهِ, ثُمَّ كَانَ مَشْيُهُ اِلَى الْمَسْجِدِ وَصَلاَتُهُ نَافِلَةً ـ رواه مالك و النساء وابن ماجه والحاكم

Yang artinya: Dari Abdullah as-Shunabaji ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: Jika seorang hamba berwudhu kemudian berkumur-kumur, keluarlah dosa-dosa dari mulutnya; jika membersihkan hidung, dosa-dosa akan keluar pula dari hidungnya, begitu juga ketika ia membasuh muka, dosa-dosa akan keluar dari mukanya sampai dari bawah pinggir kelopak matanya. Jika ia membasuh tangan, dosa-dosanya akan ikut keluar sampai dari bawah kukunya, demikian pula halnya, jika ia menyapu kepala, dosa-dosanya akan keluar dari kepala, bahkan dari kedua telinganya. Jika ia membasuh kedua kaki, keluarlah pula dosa-dosa tersebut dari dalamnya, sampai bawah kuku jari-jari kakinya. Kemudian perjalanannya ke masjid dan sholatnya menjadi pahala baginya." (H.R. Malik, an-Nasai, Ibnu Majah, dan Hakim).

Keutamaan Kedua

Dikutip dari Hadis Riwayat yang disampaikan oleh Abu Ya’la, Bazzar, dan Thabrani yaitu :
Dari Anas r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, ‘Dengan perangai baik yang terdapat pada seorang laki-laki, Allah menyempurnakan segala amalnya. Jika bersuci dari untuk mengerjakan shalat maka Allah menghapus dosa-dosanya, keseluruhan pahala shalat yang dikerjakan menjadi pahala yang murni baginya.” (HR Abu Ya’la, Bazzar, dan Thabrani dalam al-Ausath)

Keutamaan Ketiga

Dikutip dari Hadis Riwayat yang disampaikan Malik, Muslim, Tirmidzi, dan Nasa’I yaitu:
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda ‘Maukah aku tunjukkan padamu hal-hal yang Allah akan menghapuskan dosa-dosamu serta mengangkat derajatmu?” “Mau ya Rasulullah”, ujar mereka. “Menyempurnakan wudhu menghadapi segala kesusahan, dan sering melangkah mengunjungi masjid, serta menunggu sholat demi sholat. Nah, itulah dia perjuangan, perjuangan, sekali lagi perjuangan!” (HR Malik, Muslim, Turmudzi, dan Nasai)

Keutamaan Keempat

Dikutip dari Hadis Riwayat yang disampaikan Muslim yaitu:
Dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah saw. Bersabda ketika mendatangi pekuburan, ’Assalamu ’alakum tempat persemayaman kaum muslimin! Insya Allah, tidak lama lagi, kami akan menyusul kamu. Oh, alangkah inginnya hatiku hendak melihat saudara-saudaraku!’ Para sahabat bertanya, ’Tidakkah kami ini saudara-saudaramu juga, wahai Rasulullah?’ Nabi saw. Bersabda, ’Kalian adalah sahabat-sahabatku dan saudara-saudaraku ialah yang belum lagi muncul. Para sahabat bertanya lagi, ’Bagaimanakah engkau dapat mengetahui keadaan umatmu yang belum muncul itu, wahai Rasulullah?’ ’Coba kalian bayangkan! Umpamanya, ada seorang laki-laki mempunyai seekor kuda putih belang-kaki berada di tengah-tengah kuda hitam pekat, bukankah ia dapat mengenal kudanya?’ ’Ya kami dapat mengenalnya wahai Rasulullah!’ sahut para sahabat. ’Nah demikian pula keadaan mereka itu. Mereka datang dalam keadaan cemerlang dan bertanda disebabkan wudhu, sedangkan saya adalah pembimbing mereka untuk menuju telaga. Perhatikanlah, tidakkah orang-orang yang berada di telagaku wajib dilindungi, sebagaimana seekor unta yang hilang harus dicari dan dipanggil, ’Mari ke sini!’ Mungkin ada yang berkata, ’Orang-orang itu ada yang menyeleweng sepeninggalmu,’ maka saya katakan kepada mereka, ’Celaka! Celaka’” (HR Muslim).

Nah, kutipan hadis diatas hanyalah beberapa dari banyaknya hadis yang ada. Dari kutipan hadis diatas maka kita sebagai umat islam harus mampu mengetahu akan keistimewaan-keistimewaan wudhu yang kita lakukan setiap hari.

Incoming search terms:

  • contoh kultum tentang wudhu
  • ceramah tentang keutamaan wundu
  • kultum ttg berwudhu
  • kultum tentang shalat dan berwudhu
  • kultum tentang manfaat wudhu
  • kultum tentang keutamaan wudu
  • kultum singkat tentang wudhu
  • kultum singkat tentang keutamaan menjaga wudhu
  • ceramah tentang wudhu
  • kulum singkat wudhu
Category: Fiqih Sunnah, Kumpulan KultumTags:
author
No Response

Leave a reply "Kultum Tentang Keutamaan Yang Terkandung Dalam Wudhu"