Kondisi Mekkah Sebelum Islam Datang

0 134

Kondisi Mekkah Sebelum Islam

Kota Mekah adalah kota besar yang sedang berkembang. Karena letak geografisnya yang sangat strategis, Mekah menjadi tempat persinggahan para kafilah dagang yang datang dan pergi ke pusat perniagaan. Sejak lama, di Mekah telah tersedia segala fasilitas perniagaan, termasuk rumah-rumah penginapan bagi para saudagar yang singgah disana.

Sebelum agama islam masuk kedalam jazirah arab, bangsa arab terkenal dengan sebutan zaman jahiliah yaitu zaman kebodohan. Dalam bidang agama, sebagian besar bangsa arab pra-islam menyembah patung-patung dan batu berhala. Mereka juga menyembelih hewan-hewan kurban di hadapan patung-patung itu untuk memuliakannya. Mereka tenggelam dalam kemusyrikan yang amat sesat. Sebagian masyarakat arab jahiliah ada yang menganut agama tauhid, orang-orang sepeninggal Nabi Ibrahim a.s. Namun, karena terputusnya sejarah atau risalah kenabian, orang-orang sepeninggal nabi Ibrahim a.s., masyarakat arab pra-islam kembali kepada kekufuran, yaitu menyekutukan Allah dengan menyembah selainnya.

Dalam bidang sosial, masyarakat arab pra-islam sangat merendahkan kedudukan perempuan. Kaum perempuan tidak dapat menentukan pasangan hidup sendiri dan selalu direndahkan. Kebiasaan buruk masyarakat arab pra-islam lainnya antara lain seperti, berjudi, mabuk-mabukan, berzina, mencuri,  merampok dan membunuh sudah dianggap perbuatan biasa saja. Pada masa jahiliah kaum bangsawan mendapat penghormatan yang sangat tinggi. Adapun kaum miskin mendapat perlakuan yang sangat buruk. Kesenjangan inilah yang dihilangkan dalam ajaran islam pada akhirnya. Dalam ajaran islam, semua manusia memiliki kedudukan yang sejajar. Perbedaan manusia satu dengan yang lainnya hanya terletak pada tingkat ketakwaan pada diri manusia tersebut. Dalam ajaran islam, seorang bukan dihargai berdasarkan tingkat kekayaan maupun keturunannya.

Pada zaman jahiliah juga sering terjadi peperangan antar suku. Bahkan, peperangan ini terkadang berlangsung hingga beberapa generasi setelahnya. Untuk memulikan dan menghormati kakbah, muncul larangan berperang ataupun melancarkan serangan pada beberapa bulan dalam setahun.

Melihat kehidupan masyarakat arab yang jauh dari nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan, Muhammad mmutuskan untuk mengasingkan diri dari kehidupan masyarakat mekah yang tidak bermoral dan tidak ber-Tuhan tersebut.

Incoming search terms:

  • kondisi mekah sblm islam
  • bagaimana kondisi mekkah sebelum islam
  • kondisi geografis mekah sebelum islam datang
  • kota mekkah sebelum islam datang
Category: Sejarah IslamTags:
author
No Response

Leave a reply "Kondisi Mekkah Sebelum Islam Datang"