Cara Paling Sederhana Menghafal Al-Qur’an yang Cepat dan Mudah

Mempunyai ingatan yang kuat adalah suatu keinginan yang sering ingin dicapai oleh setiap manusia di dunia ini. Bahkan, tidak hanya untuk menghafal materi yang berhubungan dengan dunia saja, dalam urusan menghafal Al-Qur'an juga merupakan keinginan yang kuat bagi setiap muslimin dan muslimah. Namun, bukan perkara yang mudah jika semua itu tidak disertai dengan niat ikhtiyar yang teguh dan istiqomah.

Menghafal Al-Qur'an

Cara Menghafal Al-Qur'an

Jika, hanya suatu keinginan saja maka hanya akan mendatangkan hasil yang nihil. Bahkan orang yang seperti ini juga tidak akan bisa menghafal sedikit ayat-ayat Al-Qur'an yang ia baca berulag-ulang kali. Oleh sebab itu, marilah kita teguhkan hati dengan niat kokoh agar mampu untuk menghafal Al-Qur'an (ayat-ayat suci Allah).

Cara Menghafal Al-Qur'an yang Cepat dan Mudah

Sebenarnya cara menghafal Al-Qur'an ini sudah ada caranya dizaman Rasulullah, terbukti di masanya banyak sekali penghafal Ayat-ayat Al-Qur'an dan bahkan ribuan hadis yang hidup di masanya. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, maka para ahli/pakar/ulama yang sudah mendalami cara-cara menghafal sudah banyak sekali bermunculan. Oleh karenanya pada tulisan ini, kami akan membagikan suatu tips/cara menghafal Al-Qur'an secara sederhana didalam islam.

Tingkatkan Takwa, Disini kami tidak akan membahas metode, melainkan pesan-pesan Al-Qur'an. Hal ini karena metode tidak menentukan keberhasilan dalam menghafal, walaupun jika ada metode sehebat apapun ketika Allah tidak berkehendak maka tidak akan masuk. Maka tipsnya adalah tingkatakan takwa, dekati Allah Ta'ala yang mempunyai firmannya karena Al-Qu'an bukan makhluk.

Ikhlaskan Niat, Jangan pernah belajar menghafal Al-Qur'an dengan tujuan menjadi hafidz. Walupun hal itu dipersalahkan tetapi hal itu sudah mengurangi keikhlasan. Jika Anda ingin menghafalkan Al-Qur'an maka hafalkan saja, semua terserah Allah apakah akan diridhoi ataupun tidak. Bahkan ada sebuah kasus dimana Allah membuatnya tidak hafal-hafal dalam waktu yang sangat lama, berarti Allah sangat menyayangi hambanya karena hamba yang sedang menghafalkan Al-Qur'an pasti akan mengulang setiap hurufnya (bukankah setiap huruf itu 10 kebaikan).

Yakinkan pada diri kita, yakinkan pada diri kita bahwa kita sanggup untuk menghafalkannya. jangan pernah sesekali merasa patah semangat dan ingin berhenti untuk melanjutkan menghafal Al-Qur'an.

Mulai Berikhtiyar, mulalilah mencoba menghafal dari segala metode. Pertama kenali terlebih dahulu metode yang mudah diterapkan pada diri Anda, misal saja Anda lebih menyukai dan lebih nyaman ketika menerapkan metode membaca sebanyak-banyaknya dan menghafal kemudian maka itulah yang dianggap lebih baik dari metode yang lain.

Keutamaan Menghafal Al-Qur'an

Apa saja keutamaan menghafal Al-Qur'an? Sebenarnya sangat banyak sekali manfaatnya. Namun disini Kami akan menjelaskan secara poin-poinnya saja.

  1. Alllah akan meridhai para penghafal Al-Qur'an
  2. Al-Qur'an akan menjadi syafaat dan penolong
  3. Perisan dan benteng kehidupan
  4. Mendapatkan mahkota dari cahaya di hari kiamat
  5. Kedua orang tua diberikan jubah kemuliaan yang tidak bisa ditukarkan dengan seisi dunia
  6. Ditempatkan di surga tertinggi
  7. Menjadi orang yang berilmu dan tidak sombong
  8. Menambah keimanan pada jiwa
  9. Kenikmatan yang tiada bandingannya
  10. dan masih banyak lainnya.

 

Category: Edukasi IslamiTags:
author
No Response

Leave a reply "Cara Paling Sederhana Menghafal Al-Qur’an yang Cepat dan Mudah"